Skip to main content

IUCN (International Union for Conservation of Nature)

IUCN (International Union for Conservation of Nature) bertugas membantu dunia menemukan solusi yang pragmatis terhadap lingkungan kita yang paling mendesak dan tantangan pembangunan. Mendukung penelitian ilmiah, mengelola proyek lapangan di seluruh dunia dan membawa pemerintah, organisasi non-pemerintah, lembaga PBB, perusahaan dan masyarakat setempat untuk mengembangkan dan menerapkan kebijakan, hukum dan praktik terbaik.

IUCN adalah sebuah serikat keanggotaan demokratis dengan lebih dari 1.000 anggota pemerintah dan organisasi LSM, dan ilmuwan relawan hampir 11.000 di lebih dari 160 negara. Pekerjaan IUCN didukung oleh lebih dari 1.000 tenaga profesional di 60 kantor dan ratusan mitra di depan umum, LSM dan sektor swasta di seluruh dunia. The Union's headquarters are located in Gland, near Geneva, Switzerland. Markas Union terletak di Gland, dekat Jenewa, Swiss.

Sekilas IUCN
• Didirikan pada tahun 1948 sebagai organisasi lingkungan yang pertama di dunia global
• Hari ini jaringan konservasi terbesar profesional global
• Sebuah otoritas terkemuka di lingkungan dan pembangunan berkelanjutan
• Lebih dari 1.000 anggota organisasi di 140 negara termasuk 200 + 800 + pemerintah dan organisasi non-pemerintah
• Hampir 11.000 sukarela ilmuwan dan pakar, yang dikelompokkan dalam enam Komisi
• Sebuah forum netral bagi pemerintah, LSM, ilmuwan, bisnis dan komunitas lokal untuk mencari solusi yang pragmatis terhadap tantangan konservasi dan pembangunan
• Ribuan proyek lapangan dan kegiatan di seluruh dunia
• Pemerintahan oleh Dewan dipilih oleh organisasi anggota setiap empat tahun di Kongres Konservasi Dunia IUCN
• Didanai oleh pemerintah, badan-badan bilateral dan multilateral, yayasan, organisasi anggota dan perusahaan
• Pengamat resmi Status di Majelis Umum PBB
IUCN Visi Dan Misi
Visi : dunia hanya itu nilai-nilai dan melestarikan alam.
Misi : untuk mempengaruhi, mendorong dan membantu masyarakat di seluruh dunia untuk melestarikan integritas dan keanekaragaman alam dan untuk memastikan bahwa penggunaan sumber daya alam yang adil dan berkelanjutan secara ekologis.
IUCN mengembangkan dan mendukung-tepi ilmu pengetahuan konservasi pemotongan, terutama pada keanekaragaman hayati dan ekosistem dan bagaimana mereka link ke kesejahteraan manusia. IUCN berjalan ribuan proyek lapangan di seluruh dunia untuk lebih baik mengelola lingkungan alam. IUCN mendukung pemerintah, LSM, konvensi internasional, organisasi-organisasi PBB, perusahaan dan masyarakat untuk mengembangkan undang-undang, kebijakan dan praktek terbaik. IUCN membantu menerapkan hukum, kebijakan dan praktek terbaik dengan memobilisasi organisasi, menyediakan sumber daya dan pelatihan, dan hasil pemantauan.
Selama 60 tahun, IUCN telah memimpin perkembangan ilmu pengetahuan konservasi dan pengetahuan, dan membawa bersama-sama pemerintah, LSM, ilmuwan, perusahaan dan organisasi masyarakat untuk membantu dunia membuat konservasi yang lebih baik dan keputusan pembangunan. IUCN didirikan pada Oktober 1948 sebagai Uni Internasional untuk Perlindungan Alam (atau IUPN) setelah konferensi internasional di Fontainebleau, Perancis. Organisasi ini berubah nama menjadi Serikat Internasional untuk Konservasi Alam dan Sumber Daya Alam pada tahun 1956 dengan singkatan IUCN (atau UICN dalam bahasa Perancis dan Spanyol). Ini tetap nama lengkap hukum kita sampai hari ini.
IUCN secara rutin membuat kategori status konservasi yang disebut sebagai IUCN Red List of Threatened Species (IUCN Red List) yang merupakan daftar status kelangkaan untuk spesies yang terancam kepunahan. Kriteria yang dibuat untuk mengevaluasi kelangkaan spesies ini juga sudah diatur secara khusus dan telah dipercaya sebagai panduan yang memiliki pengaruh terbesar dalam bidang konservasi.
Kategori status konservasi dalam IUCN Red List atau istilah-istilah kepunahan yang dirilis oleh IUCN tersebut dibagi menjadi sembilan kategori. Berikut merupakan ulasan beberapa kategori istilah status kepunahan suatu spesies.
Istilah kepunahan IUCN 1: Extinct (EX, arti: punah)
Arti: Terbukti bahwa individu terakhir dari spesies itu telah mati atau benar-benar punah. Contoh: harimau Jawa dan harimau Bali.
Istilah kepunahan IUCN 2: Extinct in the Wild (EW, arti: punah di alam liar)
Arti: kategori spesies yang hanya ada di luar habitat mereka dan di penangkaran. Tidak ada yang tersisa di alam liar.
Istilah kepunahan IUCN 3: Critically Endangered (CR, arti: kritis)
Arti: beresiko punah dalam waktu dekat. Contoh: badak jawa, harimau sumatera, orang utan sumatera, rusa bawean.
Istilah kepunahan IUCN 4: Endangered (EN, arti: genting atau terancam)
Arti: beresiko punah di alam liar yang diprediksi tinggi pada masa yang akan datang. Contoh: anoa, banteng, tapir, trenggiling.
Istilah kepunahan IUCN 5: Vulnerable (VU, arti: rentan)
Arti: menghadapi resiko punah di alam liar di waktu mendatang. Contoh: merak hijau, kasuari, kakaktua Maluku.
Istilah kepunahan IUCN 6: Near Threatened (NT, arti: hampir terancam)
Arti: berada dalam keterancaman atau mendekati ancaman kepunahan namun tidak masuk ke status terancam. Contoh: Punai Sumba, alap-alap dori.
Istilah kepunahan IUCN 7: Least Concern (LC, arti: berisiko rendah)
Arti: sudah dievaluasi namun tidak dimasukkan ke kategori manapun. Contoh: landak, ayam hutan merah dan hijau
Istilah kepunahan IUCN 8: Data Deficient (DD, arti: kurangnya data)
Arti: informasi yang belum cukup akan resiko kepunahannya. Contoh: punggok papua.
Istilah kepunahan IUCN 9: Not Evaluated (NE, arti: belum dievaluasi)
Arti: belum melalui proses evaluasi untuk kriteria tersebut. Contoh: punggok togian.

Comments

Popular posts from this blog

Kalopo (Calopogonium mucunoides)

Tanaman ini tumbuh menjalar dan bisa memanjang sampai 30- 50 cm. Tanaman ini beradaptasi pada tanah yang basah dan tidak tahan terhadap kekeringan. Batang dan daun yang muda berbulu, berwarna coklat keemasan. Bentuk daun bulat dan berkelompok 3 dalam satu tangkai. Bunganya kecil berwarna ungu. Jenis legum ini kurang disukai oleh ternak karena daun  dan batangnya berbulu. Biasa ditanam dengan biji dengan kebutuhan 6-9 Kg/ha. Dapat ditanam dengan rumput Rhodes dan  Brachiaria .

Zat Pengharum pada Pakan Ayam

Untuk menambah daya rangsang ayam terhadap pakan, bisa juga ditambahkan pengharum yang beraroma khusus, biasanya berasal dari ekstrak tumbuhan. Pengharum ini dapat diperoleh di importir obat ternak atau toko-toko kimia. Bahan yang bisa dibeli di toko kimia seperti pengharum yang beraroma vanila. Penggunaan pengharum dalam pakan tidak mutlak. Tidak semua pakan komersial pabrik menggunakan pengharum. Dengan menggunakan bahan baku berkualitas baik akan dihasilkan pakan dengan aroma yang khas. Proses pencetakan pelet melalui tahapan penguapan (steaming) akan memberikan aroma yang lebih merangsang ayam untuk meningkatkan konsumsi pakan.

Laporan Praktikum Ilmu Kesehatan Ternak (IKT) | Nekropsi

BAB I PENDAHULUAN     Nekropsi merupakan pemeriksaan kondisi jaringan tubuh ternak yang dilakukan dengan cara membedah atau membuka rongga tubuh sehingga fisik organ dalam ternak dapat diamati. Dalam penggunaanya, nekropsi banyak digunakan dalam hal pemeriksaan unggas yang diduga telah terjangkit penyakit. Hal ini dilakukan agar dapat diketahui penyakit yang diderita oleh unggas sehingga dapat ditentukan penanganan yang tepat untuk menanggulangi penyakit tersebut agar peternakan terhindar dari kerugian finansial yang lebih besar. Maka dari itu nekropsi sangat penting untuk dipelajari, mengingat pentingnya menjaga kesehatan unggas dalam keberlangsungan usaha peternakan.     Tujuan dari praktikum ini adalah agar praktikan lebih terlatih dalam melakukan nekropsi pada unggas dan mampu menganalisa penyakit yang diderita oleh unggas. Manfaat dari praktikum ini adalah agar praktikan lebih memahami secara mendalam mengenai karakteristik penampilan luar dan organ dalam unggas yang terkena penya